Pentingnya Vaksinasi Hepatitis B dan Aturan Pemberiannya - artistaks

artistaks

Hai para pengunjung blog semua disini kami akan memberikan informasi dan juga tips yang menarik dan juga wajib anda ketahui adapun mengenai trik tentang Gatget, Kesehatan, Otomotif dan juga banyak tips yang tidak kalah menarik lainnya

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Your Ad Spot
IBX5B17839C2445A

Minggu, 13 Oktober 2019

Pentingnya Vaksinasi Hepatitis B dan Aturan Pemberiannya

Vaksinasi merupakan upaya pencegahan penyakit hepatitis B. Tak hanya bisa diberikan untuk anak-anak saja, namun vaksinasi ini bisa dilakukan untuk orang dewasa. Untuk mencegah penyakit ini, memang sebaiknya vaksinasi dilakukan sejak awal yaitu saat masih anak-anak, sesuai dengan aturan imunisasi. Vaksinasi ini mampu melindungi anak dari hepatitis B sampai 20 tahun ke depan.

Pentingnya Vaksinasi Hepatitis B dan Aturan Pemberiannya

Manfaat Penting Vaksinasi Hepatitis B
Pasti Anda sudah familiar dengan istilah vaksinasi. Proses vaksinasi ini sangat diperlukan sebagai langkah pencegahan atau antisipasi terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus. Upaya vaksinasi ini dilakukan karena memang sangat besar manfaatnya, terutama untuk anak-anak yang masih rentan terhadap segala jenis penyakit, termasuk hepatitis tipe B.

Kerentanan anak terhadap suatu penyakit disebabkan oleh masih rendahnya sistem imun yang juga belum stabil. Oleh karena itu, berbagai jenis virus bisa menginfeksi dengan mudah. Penyakit hepatitis tipe B ini memang tak hanya menyerang anak-anak. Penyakit ini bisa menyerang orang dewasa. Akan tetapi, frekuensi risikonya lebih besar dialami anak-anak karena kerentanan itu tadi.

Sistem imun yang belum stabil dan masih cenderung lemah ini menyebabkan perlunya vaksinasi untuk anak agar bisa terhindar dari segala jenis penyakit, terutama penyakit berisiko tinggi seperti hepatitis tipe B. Untuk itu, anak-anak harus mendapatkan vaksinasi hepatitis B saat imunisasi.

Selain bermanfaat untuk mencegah penyakit hepatitis ini, kekebalan tubuh juga otomatis lebih terjaga dan stabil. Sistem pencernaan di dalam tubuh juga akan lebih sehat ke depannya karena tidak ada gangguan dari HBV atau virus penyebab hepatitis tipe B. Bagi orang dewasa, vaksinasi juga bisa dilakukan jika belum pernah mendapatkannya.

Aturan Vaksinasi Hepatitis B
Tindakan vaksinasi yang sangat bermanfaat ini harus diupayakan dilakukan dengan baik dan benar. Prosedurnya juga harus sesuai. Proses vaksinasi ini umumnya sudah dilakukan saat masih usia anak-anak dan termasuk dalam rangkaian proses imunisasi.

Dalam aturannya, dibutuhkan minimal 3 kali dosis penyuntikan vaksinasi hepatitis tipe B untuk mendapatkan kekebalan sempurna. Jangka waktunya adalah sekitar 6 bulan dari setiap periode suntikan. Umumnya, dosis pertama diberikan saat anak baru lahir berusia 12 jam. Dosis pertama ini biasanya diawali dengan pemberian suntikan vitamin K1, minimal 30 menit sebelum vaksinasi.

Berikutnya, dosis kedua diberikan saat bayi berusia 1-2 bulan. Untuk dosis terakhir, vaksinasi diberikan saat bayi berusia 6-18 bulan. Dalam kasus tertentu, vaksinasi bisa diberikan sebanyak 4 dosis jika menggunakan vaksinasi hepatitis kombinasi.

Bagi orang dewasa yang memang belum pernah mendapatkan vaksinasi, pemberiannya juga sama yaitu tiga kali dosis. Dosis pertama dan kedua diberikan dalam jeda waktu 4 minggu. Dosis terakhirnya diberikan setelahnya dengan jeda waktu 5 bulan. Untuk lebih tepatnya, perlu konsultasi ke dokter yang menangani.

Berbagai manfaat penting dari vaksinasi tersebut harus diperhatikan. Manfaatnya sangat besar karena mampu mencegah penyakit hepatitis B. Sejak awal, usahakan anak-anak bisa mendapatkan vaksinasi sesuai dengan anjuran dalam aturan imunisasi. Hal ini sangat penting agar ke depannya kondisi kesehatannya bisa stabil dan terhindari dari penyakit hepatitis tipe B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot