Perbedaan Antara B2C & B2B dalam Sistem Bisnis! - artistaks

artistaks

Hai para pengunjung blog semua disini kami akan memberikan informasi dan juga tips yang menarik dan juga wajib anda ketahui adapun mengenai trik tentang Gatget, Kesehatan, Otomotif dan juga banyak tips yang tidak kalah menarik lainnya

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Your Ad Spot
IBX5B17839C2445A

Jumat, 28 Desember 2018

Perbedaan Antara B2C & B2B dalam Sistem Bisnis!

Perbedaan Antara B2C & B2B dalam Sistem Bisnis! B2C dan B2B adalah dua bentuk transaksi komersial. B2C, yang merupakan singkatan dari bisnis-ke-konsumen, adalah proses untuk menjual produk langsung ke konsumen. B2B, yang merupakan singkatan dari bisnis ke bisnis, adalah proses untuk menjual produk atau layanan ke bisnis lain.
Perbedaan Antara B2C & B2B dalam Sistem Bisnis!


Sistem bisnis yang mendukung komunikasi B2B atau B2C, transaksi dan administrasi penjualan berbeda dalam kompleksitas, ruang lingkup, skala dan biaya, sehingga penting bagi Anda untuk menerapkan sistem yang tepat untuk pelanggan Anda.

Proses pembelian
Konsumen membeli produk atau layanan Anda untuk penggunaan pribadi. Pembeli bisnis membeli produk atau layanan untuk digunakan di perusahaan mereka. Dalam pembelian B2B, proses pembelian lebih kompleks. Grup pembuat keputusan termasuk anggota dari departemen teknis, bisnis, keuangan dan operasional, tergantung pada jenis pembelian. Orang yang memilih produk mungkin tidak memiliki izin untuk membeli atau mungkin tidak memiliki tanggung jawab untuk membuat keputusan pembelian akhir. Pembelian modal yang besar, misalnya, mungkin memerlukan otorisasi di tingkat dewan.

Pembayaran
Di B2C, konsumen yang membeli produk dari Anda membayar harga yang sama dengan konsumen lainnya. Dalam B2B, harga dapat bervariasi menurut pelanggan. Pelanggan yang setuju untuk melakukan pemesanan besar atau menegosiasikan persyaratan khusus membayar harga yang berbeda untuk pelanggan lain. Mekanisme pembayaran juga berbeda.

Dalam transaksi B2C, konsumen memilih produk dan membayarnya di titik penjualan menggunakan mekanisme pembayaran seperti kartu kredit atau debit, cek atau uang tunai. Transaksi B2B membutuhkan sistem bisnis yang lebih kompleks. Pelanggan memilih produk, memesan dan mengatur pengiriman melalui saluran logistik yang disepakati. Pelanggan tidak membayar pada saat pesanan, tetapi menerima faktur yang mereka setel dalam ketentuan pembayaran yang disepakati.

Bagaimana Sistem Bisnis B2B?

B2C E-commerce
B2C dan B2B juga berbagai bentuk perdagangan elektronik. B2C e-commerce adalah proses untuk menjual produk langsung ke konsumen dari situs web. Konsumen menelusuri halaman informasi produk di situs web Anda, memilih produk, dan membayarnya sebelum pengiriman di checkout, menggunakan kartu kredit atau debit, atau mekanisme pembayaran elektronik lainnya.
Konsumen memasukkan perincian alamat mereka dan memilih salah satu opsi pengiriman yang Anda tawarkan. Sistem bisnis B2C dasar relatif sederhana. Anda memerlukan metode untuk menampilkan produk dan harga di situs web Anda, mekanisme untuk mencatat rincian pelanggan, dan checkout untuk menerima pembayaran.

E-commerce B2B
Anda dapat menggunakan sistem bisnis berbasis situs web yang serupa jika Anda menjual produk bernilai rendah kepada pelanggan bisnis dan Anda menerima pembayaran dengan pesanan. Namun, transaksi B2B biasanya membutuhkan sistem bisnis yang lebih kompleks. Sistem harus mampu menerima pesanan dalam berbagai format seperti email, dokumen, atau pesanan elektronik. Itu harus mengintegrasikan penangkapan pesanan dengan sistem administrasi Anda yang lain seperti faktur, catatan pelanggan dan akuntansi.

Infrastruktur B2B
Pada tingkat yang lebih maju, Anda dapat menawarkan kelompok produk yang disesuaikan untuk pelanggan yang berbeda. Sistem bisnis B2B memilih produk yang sesuai untuk ditampilkan ketika pelanggan masuk. Ini merampingkan proses untuk pelanggan bisnis, karena mereka tidak perlu menelusuri katalog lengkap untuk menemukan produk yang ingin mereka beli dari Anda. Anda juga dapat merencanakan untuk mengintegrasikan sistem bisnis Anda dengan sistem pemasok dan mitra logistik Anda sehingga Anda dapat mengelola pembelian, kepemilikan saham, dan distribusi secara efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot